Lazy Load Google Analytics Terbaru 100% Berhasil

Lazy Load Google Analytics adalah script untuk menunda load (pemuatan) Javascript Google Analytics sampai ada aktifitas scroll pada blog.


Lazy Load Google Analytics adalah script untuk menunda load (pemuatan) Javascript Google Analytics sampai ada aktifitas scroll pada blog.

Manfaat dari lazy load Google Analytics adalah dapat mempercepat loading blog kita, karena Javascript eksternal dari Google Analytics ditunda loadnya, dan ketika halaman blog pertama kali dibuat Javascript Google Analytics tersebut diakan dimuat dan ketika sudah ada aktifitas scroll maka Javascript eksternal dari Google Analytics baru dimuat.

Jika kalian memasang Google Analytics seperti biasa pastinya akan membuat load blog menjadi lebih berat, coba saja kalian buktikan sebelum menggunakan Google Analytics dapat berapa score kecepatan blog kalian dan bandingkan hasilnya setelah menggunakan Google Analytics.

Namun perlu kalian ketahui juga bahwa masalah tersebut dapat kita atasi dengan lazy load Google Analytics.

Score kecepatan blog akan tetap seperti semula walaupun sudah menggunakan Google Analytics.

Lazy Load Google Analytics

Catatan
Kalian harus sudah memasang Google Analytics pada blog kalian, atau setidaknya sudah tahu cara memasang Google Analytics seperti biasa.

Penarasan bagaimana cara memasang lazy load Google Analytics?, yuk simak panduannya dibawah ini.

Cara Memasang Lazy Load Google Analytics


Buka mode edit HTML template kalian, kemudian cari kode berikut ini:
<b:include data='blog' name='google-analytics'/>
Jika sudah ketemu maka hapus kode tersebut, dan cari lagi kode berikut ini.
</body>.

Jika sudah ketemu copy dan paste script dibawah ini tepat diatas kode </body> tersebut.

Script Lazy Load Google Analytics


<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
var lazyanalisis=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyanalisis||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyanalisis)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="//www.googletagmanager.com/gtag/js?id=id pelacakan analysis anda";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyanalisis=!0)},!0);
//]]>
</script>

Kemudian kode id=id pelacakan analysis anda ubah dengan id pelacakan dari Google Analytics kalian.

Lalu kalian cari kode Google analytics yang berapa pada header blog kalian masing-masing, dan rubah kodenya menjadi seperti dibawah ini.

<script>
  window.dataLayer = window.dataLayer || [];
  function gtag(){dataLayer.push(arguments);}
  gtag(&#39;js&#39;, new Date());
  gtag(&#39;config&#39;, &#39;id pelacakan analysis Anda&#39;);
</script>

Dan untuk kode id pelacakan analysis Anda ubah sesuai dengan kode id pelacakan Google Analytics kalian.

Sekarang save template kalian, lalu coba akses blog kalian dan scroll terlebih dahulu, kemudian buka Semua Data Situs pada Google Analytics kalian.

Jika kalian mengikuti panduan ini dengan baik dan benar maka akan script lazy load Analytics akan 100% berhasil melacak blog, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Google Analytics

Sampai disini kalian sudah berhasil memasang lazy load Google Analytics diblog dengan benar, bagaimana menurut kalian sangat mudah bukan cara memasangnya.

Semoga lazy load Google Analytics yang blogger.panduancode.com bagikan ini bermanfaat untuk kalian yang memiliki masalah loading blog yang berat.

Dan sedikit tambahan untuk para pembaca kalian boleh menggunakan script lazy load Google Analytics ini dengan bebas.

Namun jika kalian menulis ulang dan mempublish ulang artikel ini, maka kalian harus mencantumkan link artikel ini sebagai sumber.

Terima kasih atas kepatuhan kalian terhadap peraturan ini, semoga kita semua sukses selalu aamiin.